Minggu, 13 November 2011

LAFAL SUMPAH KEDOKTERAN


“ saya bbersumpah demi apolo dewa penyembuh, dan aesculapius dan Hygeia,dan Panacea, dan semua dewa-dewa sebagai saksi, bahwa sesuai dengan kemampuan dan fikiran saya, saya akan memenuhi janji2 berikut ini :
  1. saya akan memperlakukan guru yan telah mengajarkan ilmu ini dengan penuh kasih sayang sebagamana terhadap orang tua saya sendiri, jika perlu akan saya bagikan harta saya untuk dinikmati bersamanya.
  2. saya akan memperlakukan anak2nya sebagai saudara kandung saya dan saya akan mengajarkan ilmu yang telah saya peroleh dari ayahnya, kalau mereka memang mau mempelajarinya tanpa imbalan apapun
  3. saya akan meneruskan ilmu pengetahuan ini kepada anak2 saya sendiri, dan kepada anak2 guru saya, dan kepada mereka yang telah mengikatkan diri dengan janji dan sumpah untuk mengabdi kepada ilmu pengobatan, dan tidak kepada hal yang lainnya
  4. saya mengikuti cara pengobatan yang menurut pengetahuan dan kemampuan saya akan membawa kebaikan kepada penderita, dan tidak akan merugikan siapapun
  5. saya tidak akan memberikan obat yang mematikan kepada siapapun meskipun diminta, atau menganjurkan kepada mereka untuk tujuan itu. Atas dasar yang sama, saya tidak akan memberikan obat untuk menggugurkan kandungan.
  6. saya ingin menempuh hidup yang saya baktikan kepada ilmu saya dengan tetap suci dan bersih
  7. saya tidak akan melakukan pembedahan terhadap seseorang, walaupun ia menderita penyakit batu, tetapi akamenyerahkannya kepada mereka yang berpengalaman dalam pekerjaan ini
  8. rumah siapapun yang saya masuki, kedatangan saya itu akan saya tunjukkan untuk kesembuhan yang sakit dan tanpa niat2 buruk atau mencelakakan, dan lenbih jauh lagi tanpa niat berbuat cabul terhadap wanita ataupun pria, baik merdeka ataupun hamba sahaya
  9. apapu yang saya dengar atau lihat tentang kehdupan seseorang yang tidak patut disebarluaskan, tidak saya ungkapkan karena saya harus merahasiakannya
  10. selama saya tetap mamatuhi sumpah saya ini, izinkanlah saya menikmati hidup dalam mempraktekkan ilmu saya ini, dihormati oleh semua orang, disepanjang waktu! Tetapi jika saya sampai menghianati sumpah saya ini, balikanlah nasib saya

“ pada saat diterima sebagai anggota profesi kedokteran saya berumpah bahwa :
  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingana prikemanusiaan
  2. saya akan menghormati dan berterimakasih kepada guru2 saya sebagaimana selayaknya
  3. saya akan menjalani tugas saya sesuai dengan hati nurani dengan cara yang terhormat
  4. kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan
  5. saya akan merahasiakan segala rahasia yang saya ketahui bahkan sesudah pasien meninggal dunia
  6. saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi leluhur jabatan kedokteran
  7. teman sejawat saya akan say perlakukan sebagai saudara2 saya
  8. dalam menunaikan kewajiban terhadap pasien, saya tidak mengizinkan terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudkan sosial
  9. saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan;
  10. sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untu sesuatu bertentangan dengan hukum prikemanusiaan
  11. saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh2 dan bebas, dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya

“ demi allah sya bersumpah/ Berjanji, bahwa :
  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan
  2. saya akan memelihara denga sekuat tenaga martabat dan tradisi leluhur jabatan kedokteran
  3. saya akan menjalankan tugas sya dengan cara yang terhormat dan bersusila, sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter
  4. saya akan menjalakan tugas saya dengan mengutamakan kepentingan mayarakat
  5. saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai dokter
  6. saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untuk suatu yang bertentangan dengan prikemanusiaan sekelipun diancam
  7. saya akan senantiasa mengutamakan kesehatan penderita
  8. saya akan berikhtiar dengan sungguh2 supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kesukuan, perbedaa kelamin, politik kepartaian, atau kedudukan sosial dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita
  9. saya akanmenghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan
  10. saya akan memberikan kepada guru2 dan bekas guru2 saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayanya
  11. saya akan memperlakukan teman sejawat saya sebagaimana saya sendiri ingin diperlakukan
  12. saya akan menaati dan mengamalkan Kode Etik Kedokteran Indonesia
  13. saya ikhrarkan sumpah saya ini dengan sunggu2 dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya

Demi allah saya berumpah/ berjanji, bahwa :
  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan, terutama dalam bidang kesehatan
  2. saya akan menjalankan tugas saya  dengan sebaik2nya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran gigi
  3. saya akanmerahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai dokter gigi
  4. sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran gigi saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum peri kemanusiaan
  5. dalam menunaikan kewajiban saya, saya aka berihktiar dengan sunggu2 supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudkan sosial
  6. saya ikrarkan sumpah/ janji ini dengan sungguh2 dan dengan penuh keinsafan

  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan, terutama dalam bidang kefarmasian
  2. saya akan merahasiakan sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai apoteker
  3. sekalipun diancam saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan
  4. saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik2nya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmsian
  5. dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berikhtiar dengan sungu2 supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial
  6. saya ikrarkan sumpah janji ini dengan sungguh2 dan dengan penuh keinsyafan

 Demi allah saya berumpah/berjanji :
  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan, terutama dalam bidang kesehatan masyarakat
  2. saya akan menjalankan tugas saya  dengan sebaik2nya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kesehatan masyarakat
  3. saya akanmerahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai sarjana kesehatan masyarakat
  4. sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kesehatan masyarakat saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum peri kemanusiaan
  5. dalam menunaikan kewajiban saya, saya aka berihktiar dengan sunggu2 supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudkan sosial
  6. saya ikrarkan sumpah/ janji ini dengan sungguh2 dan dengan penuh keinsafan

Demi allah saya berumpah/berjanji :
  1. saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan prikemanusiaan, terutama dalam bidang keperawatan
  2. saya akan menjalankan tugas saya  dengan sebaik2nya sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan keperawatan
  3. saya akanmerahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan keilmuan saya sebagai sarjana keperaatan
  4. sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan keperawatan  saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum peri kemanusiaan
  5. dalam menunaikan kewajiban saya, saya aka berihktiar dengan sunggu2 supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudkan sosial
  6. saya ikrarkan sumpah/ janji ini dengan sungguh2 dan dengan penuh keinsafan

Demi allah saya berumpah/berjanji :
  1. bahwa saya sebagai Ahli Madya Keperawatan akan melaksanakan tugas saya sebaik2nya menurut undang2 yang berlaku dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan
  2. bahwa saya sebagai Ahli Madya Keperawatan dalam melaksanakan tugas atas dasar kemanusiaan tiak akan membeda2kan pangkat, kedudukan, keturunan, golongan, bangsa dan agama
  3. bahwa saya sebagai Ahli Madya Keperawatan dalam melaksanakan tugas akan membina kerjasama, keutuhan, dan kesetiakawanan dengan teman sejawat
  4. bahwa saya sebagai Ahli Madya Keperawatan, tidak akan menceritakan kepada siapapun segala rahasia yang berhubungan denga tugas saya kecuali jika diminta pengadilan untuk keperluan kesaksian
Semoga Tuhan YME memberikan kekuatan kepada saya

Demi allah saya berumpah/berjanji
  1. bahwa saya sebagai bidan, akan melaksanakan tugas saya sebaik2nya menurut undang2 yang berlaku dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan
  2. bahwa saya sebagai bidan, dalam melaksanakan tugas atas dasar kemanusiaan tiak akan membeda2kan pangkat, kedudukan, keturunan, golongan, bangsa dan agama
  3. bahwa saya sebagai bidan, dalam melaksanakan tugas akan membina kerjasama, keutuhan, dan kesetiakawanan dengan teman sejawat
  4. bahwa saya sebagai bidan, tidak akan menceritakan kepada siapapun segala rahasia yang berhubungan denga tugas saya kecuali jika diminta pengadilan untuk keperluan kesaksian
Semoga Tuhan YME memberikan kekuatan kepada saya

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management